Seminar Nasional yang bertemakan “Strategi Peningkatan
Daya Saing UMKM Guna Menghadapi MEA 2015” merupakan bagian dari rangkaian acara
Economic Finance Fabulous Project 2014
(EFFECT) yang diadakan oleh Economic Finance Study Club (ECOFINSC). Rangkaian acara
dimulai pada tanggal 16 Oktober 2014 terdiri dari lomba karya tulis ilmiah, field trip dan diakhiri dengan seminar
nasional pada tanggal 18 Oktober 2014.
Bertempat di Armatapura Ballroom, Grand Candi Semarang,
acara dibuka dengan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh seluruh peserta
seminar beserta tamu undangan serta penampilan dari UKM Tari FEB UNDIP yang
membawakan tari batik. Lalu dilanjutkan oleh moderator pertama,Rifi Fazrina
Djuuna yang membacakan CV pembicara pertama dan kedua serta mengundang keduanya
memasuki panggung acara.
Pembicara pertama, Ibu Hana Roichati yang merupakan kepala
bidang pemberdayaan koperasi simpan pinjam Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi
Jawa Tengah, menjelaskan mengenai peran pemerintah, khususnya Dinas Koperasi
dan UMKM dalam menghadapi MEA 2015.
Melalui pemberian fasilitas, pelatihan serta identifikasi produk
unggulan, Dinas Koperasi dan UMKM berusaha mempersiapkan UMKM dalam menghadapi
MEA 2015. Ibu Hana Roichati menjelaskan, salah satu program yang sedang dijalankan
oleh Dinas Koperasi dan UMKM adalah One Village, One Product (OVOP), dimana
dinas terkait mencari potensi produk unggulan dalam suatu wilayah untuk
dikembangkan baik kualitas maupun kuantitasnya. Selain itu Dinas Koperasi dan
UMKM pun telah memiliki strategi pembiayaan yang terdiri dari empat kluster dan
diharapkan menghasilkan usaha yang tidak hanya feasible namun juga bankable.
Sesi pertama diakhiri dengan sesi tanya jawab yang
disambut antusias oleh para peserta, lalu dilanjutkan dengan sesi kedua yang
diisi oleh Bapak Arief Machfoed, kepala bidang pasar modal syariah perwakilan
dari OJK yang memaparkan peran OJK dalam menghadapi MEA 2015. Peran OJK secara
umum adalah melindungi kepentingan konsumen dan menanamkan konsep kepada
masyarakat bahwa sektor keuangan bukanlah sektor yang eksklusif. OJK juga
melakukan pembinaan, pengawasan dan memberikan jaminan asuransi yang dapat mengcover pinjaman UMKM agar UMKM lebih siap
menghadapi pasar yang terbuka dalam MEA 2015. Bapak Arief Machfoed menyebutkan
pula program Si Pintar yang terdiri dari simpanan, Investasi dan asuransi yang
dicanangkan oleh OJK dalam perannya mempermudah akses keuangan bagi masyarakat.
Moderator kemudian menutup sesi kedua setelah sesi tanya
jawab berakhir, acara dikembalikan kepada MC yang memulai ice breaking sekaligus memberikan hadiah berupa tiket pesawat
Garuda Indonesia tujuan Semarang-Jakarta-Semarang.
Setelah ice breaking berakhir, acara kembali diserahkan
kepada moderator kedua, Muhdi Kurnianto yang membuka sesi ketiga Seminar
Nasional EFFECT 2014. Sesi ketiga diisi oleh Bapak Markus Suryaatmadja yang
merupakan perwakilan dari HIPMI Jawa Tengah. Menurut Bapak Markus, dalam MEA
2015 nanti usaha harus mengenali pasar yang dinamis karena perubahan dalam
suatu negara yang termasuk kawasan ASEAN akan mempengaruhi negara lain, untuk
tetap bertahan dalam pasar yang lebih terbuka. Selain perlunya mengenali pasar,
Bapak Markus juga menyebutkan bahwa usaha harus bertahan dengan keunggulan yang
telah dimiliki lalu menyerang ke pasar potensial yang terbuka, bukan hanya asal
saja memasuki pasar tanpamengenali keunggulan yang dimiliki. Diakhir
pemaparannya, Bapak Markus menjelaskan bahwa inti dari memenangkan kompetensi
global adalah dengan lebih maju dari pesaing serta memiliki kemampuan untuk
menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Sesi ketiga merupakan sesi pemaparan terakhir dari
rangkaian acara Seminar Nasional EFFECT 2014, acara dilanjutkan dengan
penampilan dari Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Teknik dan pengumuman pemenang
lomba karya tulis. Lomba karya tulis yang diadakan dua hari sebelumnya
dimenangkan oleh tim Universitas Diponegoro sebagai juara pertama, tim
Universitas Indonesia sebagai juara kedua dan tim Universitas Airlangga sebagai
juara ketiga.
Di penghujung acara MC menutup Seminar Nasional EFFECT
2014 bertemakan “Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Guna Menghadapi MEA 2015”
dan berakhir pula rangkaian acara EFFECT 2014.
Untuk materi seminar EFFECT 2014 bisa di download di :
1. Presentasi Dinas Koperasi dan UKMKM Jateng
2. Presentasi HIPMI
3. Presentasi OJK
1. Presentasi Dinas Koperasi dan UKMKM Jateng
2. Presentasi HIPMI
3. Presentasi OJK
0 komentar:
Posting Komentar