Kamis, 30 Oktober 2014




Seminar Nasional yang bertemakan “Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Guna Menghadapi MEA 2015” merupakan bagian dari rangkaian acara Economic Finance Fabulous Project  2014 (EFFECT) yang diadakan oleh Economic Finance Study Club (ECOFINSC). Rangkaian acara dimulai pada tanggal 16 Oktober 2014 terdiri dari lomba karya tulis ilmiah, field trip dan diakhiri dengan seminar nasional pada tanggal 18 Oktober 2014. 

Bertempat di Armatapura Ballroom, Grand Candi Semarang, acara dibuka dengan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh seluruh peserta seminar beserta tamu undangan serta penampilan dari UKM Tari FEB UNDIP yang membawakan tari batik. Lalu dilanjutkan oleh moderator pertama,Rifi Fazrina Djuuna yang membacakan CV pembicara pertama dan kedua serta mengundang keduanya memasuki panggung acara.



Pembicara pertama, Ibu Hana Roichati yang merupakan kepala bidang pemberdayaan koperasi simpan pinjam Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, menjelaskan mengenai peran pemerintah, khususnya Dinas Koperasi dan UMKM dalam menghadapi MEA 2015.  Melalui pemberian fasilitas, pelatihan serta identifikasi produk unggulan, Dinas Koperasi dan UMKM berusaha mempersiapkan UMKM dalam menghadapi MEA 2015. Ibu Hana Roichati menjelaskan, salah satu program yang sedang dijalankan oleh Dinas Koperasi dan UMKM adalah One Village, One Product (OVOP), dimana dinas terkait mencari potensi produk unggulan dalam suatu wilayah untuk dikembangkan baik kualitas maupun kuantitasnya. Selain itu Dinas Koperasi dan UMKM pun telah memiliki strategi pembiayaan yang terdiri dari empat kluster dan diharapkan menghasilkan usaha yang tidak hanya feasible namun juga bankable.

Sesi pertama diakhiri dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para peserta, lalu dilanjutkan dengan sesi kedua yang diisi oleh Bapak Arief Machfoed, kepala bidang pasar modal syariah perwakilan dari OJK yang memaparkan peran OJK dalam menghadapi MEA 2015. Peran OJK secara umum adalah melindungi kepentingan konsumen dan menanamkan konsep kepada masyarakat bahwa sektor keuangan bukanlah sektor yang eksklusif. OJK juga melakukan pembinaan, pengawasan dan memberikan jaminan asuransi yang dapat mengcover pinjaman UMKM agar UMKM lebih siap menghadapi pasar yang terbuka dalam MEA 2015. Bapak Arief Machfoed menyebutkan pula program Si Pintar yang terdiri dari simpanan, Investasi dan asuransi yang dicanangkan oleh OJK dalam perannya mempermudah akses keuangan bagi masyarakat.



Moderator kemudian menutup sesi kedua setelah sesi tanya jawab berakhir, acara dikembalikan kepada MC yang memulai ice breaking sekaligus memberikan hadiah berupa tiket pesawat Garuda Indonesia tujuan Semarang-Jakarta-Semarang.

Setelah ice breaking berakhir, acara kembali diserahkan kepada moderator kedua, Muhdi Kurnianto yang membuka sesi ketiga Seminar Nasional EFFECT 2014. Sesi ketiga diisi oleh Bapak Markus Suryaatmadja yang merupakan perwakilan dari HIPMI Jawa Tengah. Menurut Bapak Markus, dalam MEA 2015 nanti usaha harus mengenali pasar yang dinamis karena perubahan dalam suatu negara yang termasuk kawasan ASEAN akan mempengaruhi negara lain, untuk tetap bertahan dalam pasar yang lebih terbuka. Selain perlunya mengenali pasar, Bapak Markus juga menyebutkan bahwa usaha harus bertahan dengan keunggulan yang telah dimiliki lalu menyerang ke pasar potensial yang terbuka, bukan hanya asal saja memasuki pasar tanpamengenali keunggulan yang dimiliki. Diakhir pemaparannya, Bapak Markus menjelaskan bahwa inti dari memenangkan kompetensi global adalah dengan lebih maju dari pesaing serta memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Sesi ketiga merupakan sesi pemaparan terakhir dari rangkaian acara Seminar Nasional EFFECT 2014, acara dilanjutkan dengan penampilan dari Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Teknik dan pengumuman pemenang lomba karya tulis. Lomba karya tulis yang diadakan dua hari sebelumnya dimenangkan oleh tim Universitas Diponegoro sebagai juara pertama, tim Universitas Indonesia sebagai juara kedua dan tim Universitas Airlangga sebagai juara ketiga.


Di penghujung acara MC menutup Seminar Nasional EFFECT 2014 bertemakan “Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Guna Menghadapi MEA 2015” dan berakhir pula rangkaian acara EFFECT 2014. 



Untuk materi seminar EFFECT 2014 bisa di download di :
1. Presentasi Dinas Koperasi dan UKMKM Jateng
2. Presentasi HIPMI
3. Presentasi OJK


0 komentar:

Posting Komentar